Desember 12, 2010

Home > > Arok Dedes | Pramudya Ananta Toer

Arok Dedes | Pramudya Ananta Toer

Ini adalah roman politik seutuhnya. Berkisah tentang kudeta pertama di nusantara. Kudeta ala Jawa. Kudeta merangkak yang mengunakan banyak tangan untuk kemudian memukul habis dan mengambil bagian kekuasaan sepenuh-penuhnya.

Kudeta licik tapi cerdik. Berdarah, tapi para pembunuh yang sejati bertepuk dada mendapati penghormatan yang tinggi. Melibatkan gerakan militer (Gerakan Gandring), menyebarkan syak wasangka dari dalam, memperhadapkan antar kawan, dan memanasi perkubuan. Aktor-aktornya bekerja seperti hantu. Kalaupun gerakanya di ketahui, namun tiada bukti yang paling sahih bagi penguasa untuk menyingkirkanya.

Arok adalah simpul dari gabungan antara mesin paramiliter licik dan politisi sipil yang cerdik- rakus (dari kalangan sudra/agrari yang merangkakkan nasib menjadi penguasa tunggal tanah jawa). Arok tak mesti memperlihatkan tangannya yang berlumur darah mengiringi kejatuhan ametung di bilik aging Tumapel, karena politik tak selalu identik dengan tangan terbuka. Politik adalah permainan catur di atas papan bidak yang butuh kejelian, pancingan, ketegaan melempar umpan-umpan untuk mendapatkan peruntungan besar. tak ada kawan dan lawan. Yang ada tahta dimana seluruh hasrat bisa diletupkan sejadi-jadi yang di mau.

Pada akhirnya roman arok Dedes mengambarkan kudeta politik yang komplek yang di "sumbang" jawa untuk Indonesia. 

Download  :  Arok Dedes (file DjVu) 



Artikel yang sama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar